Resep Tahu Sumedang dari Sumedang


Resep Tahu Sumedang dari Sumedang. Buat anda para pecinta masakan Tahu terutama sekali Tahu Sumedang, berikut ini ada masakan yang terbuat dari Kedelai Lokal, Tahu dll yaitu Tahu Sumedang khas Sumedang. Masakan Tahu Sumedang yang akan kami bagikan berikut kami kategorikan ke dalam label Masakan Sumedang.

Resep Tahu Sumedang dari Sumedang -- Sebelumnya perlu anda ketahui bahwa, Tahu Sumedang ini mungkin sudah sering kita dengar. Akan tetepi tahukah anda bahwa Tahu Sumedang Memiliki cita rasa yang khas orang Sumedang sana. Nah, oleh sebab itulah untuk warga Sumedang ataupun pecinta masakan Sumedang, Tahu-Tahuan sudah barang tentu harus mengetahui bahan maupun Cara Membuat Tahu Sumedang ini, terutama sekali buat ibu-ibu di rumah.
Resep Tahu Sumedang dari Sumedang
Resep Tahu Sumedang dari Sumedang -- Baiklah, langsung saja, Jika anda berniat atau tertarik untuk membuat Tahu Sumedang ini di rumah anda, atau mungkin buat dagangan di warung anda, atau pengen jadi penjual Tahu Sumedang keliling alias lesehan. Tenang, santai ! berikut akan kami bagikan Resep Tahu Sumedang, baik bahan maupun Cara Membuat Tahu Sumedang ini. Perhatikan dengan cermat ya !.

Peralatan:
  • Mesin Giling
  • Kuali Perebus
  • Wajan Penggoreng.
  • Kompor atau Tungku
  • Baskom Plastik
  • Tempat Penyaringan
  • Rak Bambu/Ancak
Bahan Dasar:
  • Kedelai Lokal
  • Air
  • Penggumpal (koagulan)
  • Antibusa
  • Pengawet
  • Minyak Goreng
  • Bumbu, Gunakan campuran kemiri, bawang putih dan garam yang dihaluskan dan dilarutkan dalam air rendaman tahu mentah siap goreng.
Bahannya:
  • 100 kg Kacang Kedela 
  • 4000 liter Air
  • 350 liter Larutan biang
  • 20-25 kg Minyak Goreng
  • Bumbu Secukupnya.
Cara membuat dan memasak tahu sumedang :
Pembuatan sari kedelai:
  1. Pertama, Silahkan bersihkan kedelai dari kotoran atau benda asing seperti kerikil, pasir, kedelai pecah, berjamur, berlubang, dan busuk.
  2. Kemudian silahkan rendam dalam air dengan perbandingan 1 : 2 selama 3-5 jam atau cukup 1-2 jam bila digunakan air hangat dengan suhu 550 C, jangan lebih, tahu akan berkurang rendemennya karena protein menggumpal.
  3. Jangan lupa, bersihkan kedelai hasil rendaman dengan air, tiriskan.
  4. Giling kedelai sampai berbentuk bubur sambil ditambah air sedikit demi sedikit. Tampung dalam wadah anti-karat.
  5. Kemudian masukan bubur kedelai kedalam air yang panas atau mendidih sambil terus dipanaskan.
  6. Silahkan diaduk, siram air dingin sekitar 3 liter, atau tambahkan minyak goreng sisa sebanyak 0,5 liter untuk mengatasi timbulnya busa. Masak atau rebus bubur kedelai sampai matang atau sampai bubur kedelai berwarna kuning pucat.
  7. Kemudian angkat dan saring bubur kedelai. Proses penyaringan dibantu dengan penambahan air panas sekitar 100 liter per gilingan pada ampasnya hingga diperoleh air penyaringan jernih.
Penggumpalan dan pengendapan:
  1. Tambahkan larutan biang ke sari kedelai yang masih panas di dalam tempat penyaringan tahu sebanyak 35 liter per gilingan.
  2. Aduk rata dengan arah yng tetap sampai terbentuk endapan atau menggumpal, biarkan gumpalan sari kedelai turun dan mengendap di dasar tempat penyaringan tahu selama 5-15 menit.
  3. Pisahkan gumpalan sari kedelai di dasar tempat penyaringan dari cairan sisa penggumpalan. Caranya ayakan bambu yng dilpisi kain saring dibenamkan, selanjutnya ambil cairan dengan gayung.
  4. Tampung sebagian cairan sisa dalam tempat anti-karat untuk digunakan sebagai larutan biang.
Percetakan dan Pengepresan:
  1. Hancurkan gumpalan sari kedelai dengan cara diaduk searah perlahan-lahan dalam tempat penyaringan. Masukan gumpalannya kedalam cetakan yang beralaskan kain saring halus.
  2. Tutup bagian atas permukaan sari tahu dengan kain saring, lalu letakkan papan penutup serta pemberat di atasnya. Biarkan selama 10-15 menit sampai gumpalan memadat dan air sisanya keluar dan menetes melalui lubang cetakan.
Pemotongan dan Penggorengan:
  1. Angkat tahu dari cetakan bila tahu telah padat, cirinya air yang menetes dari cetakan sedikit.
  2. Letakkan tahu di rak bambu sambil dibalik permukaannya.
  3. Potong tahu setelah memadat betul sesuai selera. Tahu padat cirinya bila dipegang keras dan dingin.
  4. Rendam potongan tahu mentah dengan raknya kedalam bak rendaman berisi larutan bumbu selama 5-10 menit. Angkat dan tiriskan.
  5. Goreng tahu setelah airnya tiris. Penggorengan menggunakan minyak goreng dalam jumlah banyak dengan api yang besar. Masukan tahu jika minyak gorengnya sudah betul-betul panas.
  6. Simpan tahu goreng di rak-rak sampai dingin, kemudian kemas dalam keranjang bambu.

Selamat mencoba membuat Tahu Sumedang khas Sumedang ini, semoga hasilnya memuaskan dan jangan lupa bagi-bagi tetangganya ya, bukan cuma buat keluarganya saja. Sebagai tambahan, jika tertarik, Baca juga Resep Masakan Indonesia kami lainnya yaitu : Resep Serabi Oncom, Resep Perkedel Bondon, Resep Nasi Timbel, Resep Misro, Resep Lotek Bandung yang sebelumnya sudah kami bagikan.
Iklan dari Google

Related Posts: