Resep Kue Sikaporo dari Bugis

 Kue Sikaporo merupakan kue basah tradisonal asal Bugis Makassar dengan rasa kenyalnya yang khas. Kue tradisional ini memang tidak terlalu terkenal sehingga banyak yang belum mengetahuinya. Namun demikian di Suku Adat Bugis, jajanan ini sering disajikan pada momen tertentu dan saat ini banyak dihidangkan sebagai teman minum teh saat bersantai. Ciri khas kue sikaporo adalah warnanya yang cerah yaitu kombinasi hijau dan kuning dengan bentuk yang cantik menyerupai bunga.

Membuat kue basah ini cukup mudah seperti kue basah pada umumnya. Bahan utama agar – agar serta campuran tepung beras membuat kudapan ini memiliki rasa yang kenyal. Proses pengukusan yang bertahap perlu dilakukan agar kue Sikaporo ini memiliki tatanan warna yang cantik. Dengan adanya agar – agar sebagai bahan utamanya, kue sikaporo ini seperti puding namun dipadukan dengan tepung beras dan bahan lainnya. Berikut merupakan ulasan tentang resep membuat kue sikaporo bugis yang bisa anda coba.

Kue Sikaporo Bugis

Cara Membuat Kue Sikaporo Bugis

Bahan – bahan :

  • Kuning telur 10 butir
  • Putih telur 5 butir
  • Santan kelapa 300 ml
  • Gula pasir 250 gram
  • Agar – agar bubuk kuning 1 bungkus
  • Agar – agar bubuk hijau 1 bungkus
  • Pewarna kuning ½ sendok teh

Langkah Membuat Kue Sikaporo : 

  1. Putih telur dan gula pasir  125 gram dicampur hingga merata. 
  2. Tambahkan agar – agar warna hijau serta 5 sendok makan tepung beras, serta campurkan santan 150 ml. Aduk semuanya dengan spatula hingga larut dan merata.
  3. Tuang adonan kedalam cetakan kue sikaporo dan kukus dengan kukusan hingga mengeras. 
  4. Selanjutnya, campurkan kuning telur, sisa gula pasir dn agar – agar kuning serta tambahkan pewarna kuning. Campurkan 5 sendok makan tepung beras dan sisa santan.  Aduk dengan spatula seperti membuat adonan hijau. 
  5. Tuangkan kedalam adonan hijau dan kukus kembali hingga matang dan mengeras.
  6. Kue Sikaporo bugis siap disajikan.


Sajikan kue sikaporo ini dengan teh atau kopi hangat untuk menemani waktu santai anda. selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel